Ngaku Cinta Kartini? Tunjukin Kreativitasmu Lewat Event I Love Kartini

Wah, udah masuk bulan April nih. Ada event spesial apa ya. Setiap bulan April pasti yang kita ingat adalah ada hari Kartini setiap tanggal 21 April. Hari Kartini biasanya identik dengan harus berpakaian Adat atau memakai kebaya. Betul gak nih? Ada apa sih ditanggal tersebut? Kenapa diperingati sebagai hari Kartini? Sebelum semua pertanyaan tersebut terjawab. Yuk, kita pelajari sejarahnya secara singkat.

Dulu Indonesia belum bebas merdeka seperti sekarang, karena masih dijajah oleh bangsa Belanda sampai Jepang. Semua roda pemerintahan sampai perekonomian dipegang oleh mereka. Karena ingin terbebas, muncullah semangat juang merebut kemerdekaan. Tak hanya kaum pribumi, bahkan kaum bangsawan pun turut serta. Biasanya identik dengan laki-laki lho, tetapi dari perempuan juga gak mau kalah. Udah bangsawan terus dia pahlawan wanita. Yup, siapa lagi kalau bukan Raden Ajeng Kartini atau yang biasa kita kenal R.A Kartini. Karena beliau adalah pahlawan wanita dari Jepara yang lahir pada tanggal 21 April 1879. Maka bertepatan dihari lahir tersebut diperingati sebagai hari Kartini sebagai pahlawan wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita.

Meskipun didukung sang ayah menjadi guru, namun cita-citanya belajar ke Batavia atau ke Belanda harus pupus karena dinikahkan oleh ayahnya dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat yang merupakan seorang bangsawan juga bupati Rembang yang telah memiliki tiga orang istri. Perjuangan R.A Kartini gak berhenti setelah nikah karena didukung suami, akhirnya beliau membangun sekolah wanita pertama. Namun miris, R.A Kartini wafat pada tanggal 17 September 1904 setelah 4 hari melahirkan anak pertamanya diusia 24 tahun. Perjuangan R.A Kartini sampai saat ini diteruskan dengan berdirinya Sekolah Wanita yang bernama “Sekolah Kartini” oleh Yayasan Kartini di Semarang hingga ke beberapa daerah lainnya.

Meskipun R.A Kartini sudah wafat, bukan berarti sebagai generasi muda harus bermalas-malasan lho. Perjuangan masih bisa diteruskan. Tua muda, dewasa maupun anak-anak, bukan lagi alasan. Perjuangan masa kini gak harus berat-berat angkat senjata, semua profesi dan bidang bisa meneruskan perjuangan Kartini. Mulai dari dokter dengan bakti kesehatannya, guru dengan bakti ilmunya, polisi atau ABRI dengan bakti kepada negaranya, pelajar dengan bakti belajar, dan masih banyak lagi.

Perjuangan kini memiliki makna luas, gak harus dengan hal berat dan membosankan. Hal menyenangkan pun bisa disebut perjuangan, misalnya dalam hal mengembangkan bakat dan ajang mengekspresikan diri mulai dari menyanyi, menari, mewarnai, dan fashion show (peragaan busana). Tak perlu khawatir lagi dan bingung harus dimana dan bagaimana untuk ikut berjuang dan memperingati hari Kartini. Kamu bisa ikutan di event I Love Kartini. Untuk pelajar TK/SD, kamu bisa mengikuti lomba Fashion Show, Lomba Menari, dan Lomba Mewarnai. Pelajar SMP/SMA/SMK juga bisa berpartisipasi dalam lomba kok, ada lomba Fashion Show dan Menari (Dance) yang diadakan di Jungleland Theme Park tepat di hari Kartini pada tanggal 21 April.  Tak hanya sampai situ saja, perlombaan akan dimeriahkan juga oleh peserta lomba bagi Pelajar TK, SD, SMP, SMA, SMK yang memakai kostum kebaya tradisional/kebaya modern/pakaian adat nasional Indonesia saat berlomba.

Meriah banget kan? Jadi yuk segera daftar diri kamu hanya di Jungleland Theme Park Sentul dengan datang langsung ke lokasi untuk ikutan event ini!

Post Author: sijanggy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *